FOOTSTEP TIGER UNTUK MEGAPRO

Assalamu’alaikum….

Akhirnya bisa posting lagi setelah beberapa waktu vakum cleaner.
Kali ini bapake akan nulis tentang penggantian footstep standar megapro bapake pake footstep tiger lawas.  Sebenarnya sih gantinya sejak sebelum lebaran kemaren. Tapi berhubung baru punya blog, jadi baru kali ini bapake tulis. :mrgreen:

Riding position standar megapro memang tegak khas motor turing. sudut badan hampir tegak lurus dengan garis diagonal. CMIIW. Tapi bagi bapake kurang nyaman. karena postur tubuh bapake yg agak mengkelung, jadi bapake mengganti stang standar dengan milik tiger lama. Tapi posisi kaki masih kurang mundur.

Bapake pun berencana ganti footstep pake punya si macan. Kebetulan pas ngantri di pom bensin. bapake liat ada GL Pro pake footstep macan. Jadi tambah mantep nih.

Akhirnya perburuan pun dimulai. Buka website AHM, liat harga part orsi ternyata mahal, bro. 1 pangkon aja Rp 170rb. belum 2psg karet footpeg, pedal rem & persneling. Bisa sampe 500an nih. Alternatif lain (padahal karena dana cekak :D) bapake pun cari yg 2nd. Dasar belum jodoh, ngubek2 komplek Barito yg notabene adalah pasar loak khusus parts motor favorit di semarang kok gak dapet2 tu footstep. Karena udah ngebet banget, pas teman nawarin produk KW yg kualitasnya (katanya) lumayan, akhirnya bapake beli juga. Perinciannya :

2psg pangkon Rp 100rb

2psg karet footstep Rp 70rb

Pedal persneling Rp 35rb

Pedal rem Rp. 40rb

Besi pengait rem tiger (bekas) Rp. 5rb

Setelah liat barang, bayar, langsung pasang sekalian.

Untuk yg sebelah kiri relatif tidak ada masalah. Karena rangka Megapro & Tiger lama hampir mirip, jadi bisa langsung pasang.

yg sebelah kiri langsung plek…

Tapi untuk yg sebelah kanan perlu akal2an, bro. karena konstruksi knalpot, space antara footstep dgn swing arm beda.

yg sebelah kanan…

Yang perlu diakali adalah memotong pedal pengait rem belakang, kemudian mengelasnya kembali sesuai space yang ada. Dan sedikit menekuk keluar pedal rem karena mentok knalpot.  Sebenernya sih ditawari solusi mudah sama juragan bengkel, yaitu ganti knalpot aftermarket aja. Wah, kalo itu sih akal2an si juragan biar beli dagangannya. Bapake lebih milih ngakalin tuh pedal rem daripada ngakalin uang belanja. (iyalah, kalo beli knalpot kan uang belanja jadi kurang)

bagian ini yg perlu dipotong, trus dilas kembali..

cover knalpot terpaksa dilepas karena mentok..

Setelah dilas, trus pasang semua komponen. Berhubung per penarik orsi tiger gak bisa kepake, jadi terpaksa pake per kecil yg dikatikan di pedal biar bisa balik kalo pas ngerem.

Memang masih belum sempurna banget. Kekurangannya adalah cover knalpot terpaksa dilepas karena mentok pedal rem, trus baut cover samping juga tidak bisa dipasang. Tapi gak begitu jadi masalah sih. karena cover samping masih ada nok pengunci di rangka. Lagian bapake jadi gampang kalo mau ambil toolkit yg posisinya ada di bawah aki. Tidak perlu buka2 baut lagi.

baut cover samping terpaksa disimpen dulu..

Total biaya (parts & ongkos pasang)  Rp. 280rb. Lumayanlah, kalo beli yg orsi cuma dapet sebelah doank tuh.

Setelah terpasang  & dipakai buat mudik ke Pekalongan, menurut bapake yg kakinya panjang kata temen2, riding position jadi lebih nyaman. Tidak cepet pegel seperti waktu pakai yg standar. Memang kalo ini  relatif sih. Tergantung selera masing2 orang aja.

Rencana ke depan adalah beli cover knalpot bekas terus dipotong bagian depannya, & juga beli pedal persneling yg model dua sisi. Soalnya sayang sepatu kerja jadi lecet buat nyungkil2 persneling.

si gagak sekarang :D

si gagak sekarang :D

Demikian artikel dari saya.. Mohon kritik & saran brother sekalian.

Semoga bermanfaat..

Wassalamu’alaikum

About these ads

About bapakeVALKYLA

seorang pria biasa, karyawan di sebuah swalayan, ayah dari 2 orang putri yang pengen turing tapi terkendala waktu yg tidak bersahabat.

Posted on 16 Desember 2011, in Roda 2. Bookmark the permalink. 131 Komentar.

  1. “Soalnya sayang sepatu kerja jadi lecet buat nyungkil2 persneling.”
    saya setuju yang ini om
    mudah2an kesirem pertamax

  2. bau seher tiger :mrgreen:

  3. Abis ini pake knalpot tiger revo, biar maki ngejoss….

    • hahahaha….
      berarti istilahnya MCN. Modif Cara Nyicil..
      Sssssttt….. Knalpot sih gak begitu pengen, om. pengennya pelek palang tapak lebar + ban tubless biar gak kawatir kena paku. Tapi istri belum acc.. :grin:

  4. Nama kuda besi ny Vicky yah Mas :mrgreen:
    Btw menurut long’s lebih bagus mega pro ny pke foot step racing malah kejatohan harga ny lebih murah (150 s/d 350rb)

  5. mangtaaafff mas..kalau pakai sendal jepit nggak sakit kah?? :mrgreen:

  6. mending ganti underbone kang.

  7. maringunu ganti motor tiger revo :)

  8. konosom+swing arm NMP siap masuk,baru upgrade velg+ban..

  9. aseli Manteb Tenan Mas,,Sipp..

  10. ganti arm belakang tiger om biar ga keliatan bantet.

  11. Racun :evil:
    wah barangnya susah didapet mas,udah ngubek2 pasar loak buat nyari 2nd gak ada :mrgreen:
    beli baru bisa bikin dompet kangker plus asap dapur kurang ngebul
    *nelan iler ngeliat MP punya warung jadi super keren*

    • bisa aja masbro ini. :D
      memang agak susah nyari yg 2nd… jkalo ada dana lebh+ diacc nyonyah, mending beli yg asli.
      kalo NMP cocoknya pake punya tirev. abis itu ganti pelk tapak lebar, trus kasih side box…

      tak racuni lagi.. :mrgreen:

  12. like this.

    Ane juga sedang dalam proses mundurin foot step motor bebek. Alasannya sama, nyari ergonomi yang lebih nyaman, untuk postur badan yang menjulang :D Baru dapat footstep-bekas vixion, kena 200 ribu. Tauk nih bikin dudukannya tar kena berapa :)

  13. serasa numpak tiger (sambil nunggang merem , mbayangin riding tiger :mrgreen: )

  14. pake footstep racing mas bro :D lebih asikk..knalpot racin … lampu mika putih… trus ban kecill…..gak pake helm :D

    #racun alay :D

  15. Berarti ccnya sekarang jadi 209 cc kaya tiger ya. Hallah!! :mrgreen:

  16. Bapake kalo megapro 2008 mau ganti footstep tiger yg baru ini bs ga ya?

    • maksudnya yg tiger revo?
      bisa aja, bro. GL Pro yg saya liat itu pake punya tirev.
      posisi lubang baut pangkon hampir sama. paling cuma butuh akal2an pd pedal remnya.
      punya tirev ada 2 macem sesuai jenis rem belakang. cakram atau tromol. punya bro masih tromol atau udah cakram?

  17. Kakinya yang panjang tho pak? tak kirain ada bagian tubuh yang lain yang panjang…

  18. tiba2 kepikiran nih bro, moga didengar para atpm besar…….

    saya sih penginnya ada motor laki murah dari SUZUKI, KAWASAKI, YAMAHA, BAJAJ, hONda, dll untuk para tukang ojek disana,
    ga perlu fitur yang neko2 macam SKS, RDB, radiator, DOHC, digital spido, led lamp, dan fitur2 mubazir lainnya

    yang penting tahan banting, mumpuni diajak nanjak extreme, kualitas bagus, 3S spare part murah dan gampang, tangki awet, power mesin cukup gede utk dipake ditanjakan pegunungan yg sering dipake tukang ojek ato rakyat2 kecil lainnya

    kira2 begini speknya:
    kalo bisa harga 15jt-an sampai under 18jt aja
    150cc 4tak SOHC, 20 PS, manual clutch,torsi bawah gede, karbu (kalo bs injeksi)
    rangka besi tubular standar no coak
    sok belakang stereo
    lengan ayun aluminium
    lampu standar bulat klasik
    spido analog standar aja
    model tangki dibuat agak rata, agar bisa dipake naikin barang bawaan yg kecil
    tutup tangki model ninja, biar air ga gampang masuk!
    rem depan cakram, belakang tromol
    pelk jari-jari aja
    desain moncong knalpot mancung keatas, antisipasi banjir gede bo..

    mungkin spek ini lebih bisa diterima kalangan rakyat kecil, terutama para ojeker di daerah pegunungan tinggi yang banyak tanjakan

    sebenernya dah ada thunder 125, sayang cc-nya cuma 125cc.
    dan pulsar 135 hanya 135cc

    ato bisa juga ngambil dari basis mesin vixion/byson/satria FU yg udah 150cc

    moga2 aja ada yang mau dengar!!!

  19. motor aku megapro lawas pak,rencananya mau pake footstep tirev.bs minta pic glpro yg pake footstep tirevnya pak?

    • wah, mohon maaf mas..
      kebetulan waktu lihat GL Pro itu, hp saya pas baterainya habis. Jadi gak bisa ambil gambar. DIa juga pas selesai ngisi, jadi gak bisa ditanya-tanya dulu.
      Sekedar info, pemasangan footstep di motor kelihatannya cukup rapi. Tapi mesti melepas cover samping GL Pro karena bentuk depanfootstep yg meruncing ke atas..
      Tapi yg jelas bisa dipasang kok. :D

  20. bapake VALKYLA
    saya jg ad tu foot pnya tger lawas tp mega pro saya mega pro lawas jg
    jd udah pernah tak coba d pasang tp baut as nya gaqk nyampe kependekan kl pke baut as yg lama….
    minta solusi nya dong bapake pke baut as ap kira2 yg sampe….????

    • wah, saya malah tidak tahu kalo panjang asnya beda sama generasi ke 2.

      coba aja pakai as punya megapro advanced kaya punya saya itu. atau sekalian punya tiger.
      kalo sampean pasang sendiri, mending as standarnya dibawa aja pas beli buat diukur…
      semoga membantu :D

  21. gl-pro neotech

    halo bro motor ane gl pro neotech ’95 niatnya si ntu motor mau ane pakein footstep underbound yg racing cuma otomatis kan nanti footstep bawaannya bakal dicopot and gapake standar 1 tp ane mau nya ttp pke standar 1, dan berhubung ane liat pict motor ente pke footstep macan tapi msh bs pke standar 1 kira2 gl ane bisa bgtu jg gak ya?
    Tolong pencerahannya, mohon maaf sebelumnya jika ane udh bnyak tanya soalnya ane lg nyari inspirasi bwt modif gl pro ane
    terima kasih

    • bisa, masbro…
      rangka Neotech & Megapro hampir atau kurang lebih sama…
      tapi yg namanya bukan parts standar motor, tetap butuh penyesuaian jika mau pasang.
      di motor saya, ubahannya paling2 sebatas menyesuaikan pedal rem & lubang baut sebelah kanan saja. tp tidak banyak kok…
      standar samping juga masih bisa dipakai…
      cuma untuk knalpot, saya tidak tahu mentok atau tidaknya.. soalnya GL Pro yg saya lihat pakai knalpot nobi.
      mungkin bisa konsultasi bengkel langganan dulu, mas. :D

  22. bro, kalo megapro lama harus ganti as baut swing arm ya…. kalo megapro primus engga?

    • kalo persisnya saya gak tahu bro.
      tp kalo dilihat dari tebal footstep belakang standar yg dari pelat, kayaknya memang kurang panjang bro. jd harus ganti.
      kalo megapro primus footstep belakang standar sudah tebal karena dari aluminium cor. jadi punya saya memang tidak ganti..

  23. menarik om..sayang baut cover samping ndak bisa dipake..padahal ane pengen juga pke footstep tigi..motornya jg sama,megi primus..

    #halah, padune males ngerubahe neng bengkel..

  24. artikel lama…tp pas banget…meskipun ane telat…hehehhehe… ane tertarik am tu foostep…. bisa di info cr hrg yg miring seperti pny sampeyan,,,, trs pasang dmn? krn ane dr kmrn pgn psg tu foostep..tny yg ori..selanngit….sktr 500an ane tny kmrn

  25. hahaha..alasan yg pas. tp beresiko jg om, karbu jd gampang di gondol tangan jail..saran aja sih, mending kasih braket besi biar bisa di baut..lgpl, emg ga bersuara ya om bodynya kalo ga di baut.

    anyway, nice lah..kalo snalpotnya pake punya tirev, harus ngerubah jg ngga om? kan punya tirev kalo di pake di megi primus ok jg tuh (bc di blog sebelah), pernah liat jg seh megapro yg pke snalpot tirev

  26. Dimana saya bisa pesan pangkon y?????

  27. sorry oot ya om..
    pernah ngalamin oli rembes dari kabel rpm yg di mesin ngga om? ngatasinnya gmn ya om? awalnya sih kabelnya ane ganti sendiri kira2 2 minggu y.l. dan baru muncul masalahnya sekarang (mlm ini) setelah ane pake jalan agak jauh & di geber dikit. kalau punya solusinya tolong di share ya om…gak enak liat rembesannya, jd keliatan jorok.

  28. ribet juga ya, kenapa gak ganti underbone aja gan? ohiya followback blog ane ya :D https://brigade15.wordpress.com/

  29. Om klo untuk modif footstep boncengers gl max neotech yg tnpa dilas kira2 ad g om?

  30. kalo tekan persneling model kail mengkail emang jadi lebih keren.

  31. footstep megapronya saya gantiin boleh boz?

  32. harga foottep nya kemahalan gan,,
    ane aja beli cuma 100rb komplit,,buat di pasang di new megapro

  33. q ingn mbuatxa low sby ndk mana ya pak,

  34. kalo buat gl pro neotech kira2 perlu ngerubah banyak ga ya om? saya jg pengen tu neotech saya pake footstep tiger, kepanjangan kaki nih om, hehe :D

    • kalau untuk GL Neotech, sepertinya harus ganti as roda yg lebih panjang..
      bisa pakai punya megapro primus.. terus ada penyesuaian di pangkon knalpot pakai plat besi..

      • om megapro ane. megapro primus. tp kok ttp kurang panjag ya. as tengahnya.
        lalu kemarin saya terpaksa beli as tiger tapi loh loh kok malah kegedean… wahh sekarang aq tinggal mumetnya ini. gimana ngakalinnya ya..

  35. Kalo buat new megapro sama??

    • kalau dilihat dari bentuk pangkon footstepnya, hampir mirip.
      jadi kemungkinan sama di NMP…
      pada intinya yg namanya modifikasi bisa dipasang di semua motor, hanya butuh penyesuaian saja… :D

  36. Saya sudah dapat putstepnya ni bapake n mau pasang ke mgapro primus. Jadi yang dilas cuma besi yang panjang itu aja ya Bapake? Pedal remnya yang ditarik keluar tu ga perlu pake las kan bapake ? Maturnuwun

    • kalau maksud masbro pedal rem yg diinjak itu tidak perlu dilas.
      yg perlu dipotong & dilas cuma bagian besi penarik paha rem belakang… (di gambar no 3)

      • Berarti besi yang panjang itu ya Bapake? Karena punya tiger kepanjangan makanya dipotong?? Trus ngaruh ke peer pedal ya Bapake? Kok sampe pedal remnya bapake ga bisa dipake,malah pake peer kecil ??

        • biar lebih jelasnya saya kasih gambar ini masbro
          footpeg tiger
          jadi yg perlu dipotong + dilas itu yg saya kasih lingkaran hitam. sedangkan parts yg nomor 14 tinggal menyesuaikan.
          soal per pedal itu terpaksa pakai per kecil karena dulu belum dapat per penarik orinya tiger (nomor 16) :D
          tp sekarang sudah dapat di dealer seharga 5ribu & sudah tak pasang juga. jadi per kecil itu sudah tidak terpakai alias sementara saja..

  37. bapakeVALKAYLA, saya mau pesen besi pengait remnya buat tiger bisa tha,
    soalnya di surabaya susah nyariknya, kalau bisa minta nomer hpnya untuk pesan di daerah anda, hehehehehehehe
    trims sebelumnya

  38. klo tuk mgapro lawas 2004 postep saget mboten pak bro..pa jg perlu akal2an. mksh

  39. allhamdullilah, setelah ngubek pasar loak hampir 5 jam lari sana sini dan yang terkenal akan calonya, saya berhasil menemukan spare partnya bapakeVALKYLA, biarpun harganya fantastis agak mahal dikit yg pnting sudah ketemu bangkainya hehehehehe,

  40. gan ane coba kaiak motor agan, tapi kog malahan footstepnya serasa jatuh ya gan ..
    gak kaiak punya agan ..
    ane aplikasikan pake knalpot ori tiger juga, ehh malah tuh knalpot serasa jatuh juga gan ..
    gak bisa nungging gitu ..-_-

  41. ini penampakanya om…..

  42. m454.photobucket.com/albumview/albums/omus_bucket/tirev.jpg.html

  43. pnp kok om, gak ada yg dirombak kalo pake knalpot tirev ori. cuma nambahin bracket plat besi ±5cm buat pegangan silencernya. tp gak keliatan kok,, kalo mau rapi sih harus potong leher knalpotnya, tapi eman om.

  44. kalo boleh tau…. penggArapanya di bengkel mana tuuhh bapake??
    kbetulan aku wong pekalongan

  45. om, itu dijual gak footstepnya? hehe

  46. yaaahh, dijual aja toh,,

  47. tu persneling nya pake khusus tiger lawas ato pake punya tiger revo bisa?

  48. sekedar saran.. beli as swing arm tiger yg panjang ITU.. trus pankon sebelah kanan di ganjel .JD gk bakalan nempel ke knalpot tuuuu..

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN & KOMENTAR ANDA SEMUA...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.422 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: