Urus Sendiri Mutasi + Perpanjangan SIM. Mudah Lhooo…..

Assalamu’alaikum…

Bulan ini SIM bapake habis masa berlakunya. Berhubung bapake sudah pindah alamat dari Kendal ke Semarang, jadi bapake wajib mutasi dulu sebelum diperpanjang.

Tanggal 7 September, bapake ke Polres Kendal untuk mencabut berkas SIM lama. Prosesnya sebagai berikut :

  • Ke loket pendaftaran, bilang mau mutasi. Bapake dimintai fotokopi SIM & KTP masing-masing 2 lembar, terus tunggu dipanggil.
  • 20 menit kemudian, nama bapake dipanggil ke ruang foto. Di situ bapake dikasih amplop coklat berisi berkas2 lama & diberitahu batas waktu perpanjangan SIM maksimal 2 bulan dari tanggal masa berlaku habis.

    amplop berkas

  • Biaya mutasi 30 ribu. Sepertinya biaya ini berbeda-beda di tiap daerah. Ada yg gratis, ada yg cuma 20 ribu, malah tadi barengan sama orang yg juga mutasi kena 75 ribu. :shock:

Setelah berkas kita dapat, selanjutnya tinggal menuju ke Polres Semarang. Berhubung waktu mepet mau masuk kerja, jadi ke Polresnya dipending dulu. :D

Hari sabtu ini ( 15 September ) kebetulan dapat jatah masuk siang lagi.  Langsung pagi-pagi meluncur ke Polres Semarang bagian pelayanan SIM yg lokasinya di kota lama. Sampai sana loket belum pada buka. Lha wong baru jam 07.45 je :mrgreen:

masih tutup

Proses perpanjangannya sebagai berikut :

  • Ke loket mutasi dulu, serahkan amplop yg masih rapat, tunggu sebentar.
  • Setelah berkas dibuka, terus ke ruang kesehatan yg ternyata tidak diperiksa apa-apa. Diberi surat keterangan dengan biaya 30 ribu.
  • Ke loket BRI yg sudah ada tulisan tarif2 resminya, serahkan berkas, bayar 75 ribu, diberi kwitansi tanda pembayaran.
  • Ke loket pengambilan formulir yg dijaga polwan cantik bernama Mayda :mrgreen: serahkan berkas, diberi formulir berstempel “PERPANJANGAN
  • Isi formulir, jangan sampai salah lho… Repot ntar.
  • Bawa formulir yg sudah diisi & semua berkas ke loket pendaftaran, tunggu dipanggil.

    semua berkas termasuk formulir yg sudah diisi

  • Tidak sampai 20 menit, bapake dipanggil, diberi berkas tadi yg sudah ditulisi apa bapake gak tahu, terus ke ruang foto.
  • Dapat giliran foto, petugas membacakan data2 bapake betul atau tidak. Kalau tidak, kita mesti koreksi dulu di loket pendaftaran tadi. Ambil sidik jari jempol kanan, tanda tangan, foto, setelah itu tunggu di luar.
  • 5 menit kemudian, SIM sudah jadi, ambil di loket pengambilan, bayar 3 ribu.
  • Selesai…. :D

Prosesnya terhitung cepat lho.. Wong bapake masukin berkas jam 08.05, SIM jadi jam 09.40 ( bapake selalu lihat jam :mrgreen: )

Biaya :

  • Cabut berkas 30 ribu
  • Surat keterangan dokter 30 ribu
  • Perpanjangan SIM 75 ribu
  • Pengambilan SIM 3 ribu
  • Parkir 2 ribu.
  • Total 140 ribu.

Jadi kesimpulannya, mutasi & perpanjangan SIM mending diurus sendiri aja. Mudah & cepat gak usah pakai calo.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum…

About these ads

About bapakeVALKYLA

seorang pria biasa, karyawan di sebuah swalayan, ayah dari 2 orang putri yang pengen turing tapi terkendala waktu yg tidak bersahabat.

Posted on 15 September 2012, in Umum and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 155 Komentar.

  1. mantap bapake … kyke aq pnh rono.,, hehe

  2. Keduax. Sip, ngurus tanpa calo. Hmmm, akhirnya update juga kang :)

  3. saya juga mutasi sim, lsg ke polres kota yg saya tempati sekarang, bayar ke salah satu pegawai disana 200 rb, 10 menit kemudian dipanggil masuk ke tempat foto sambil menyerahkan sim lama, tunggu 15 menit dan SIM sudah selesai, diambil tanpa perlu bayar lagi..
    #kok cepet banget ya.. apa saya pake jalur bypass, padahal dah nanya dulu ke pegawai sipil yg bekerja disana tanpa calo/perantara :mrgreen:

  4. ternyata mudah perpanjang SIM , nunggu 2014 buat perpanjang SIM ane hehe ,.,..,

  5. wah ya gak terlalu mahal sih (menurut saya)
    cepet juga :D

  6. Tidak diperiksa sama dokternya?
    Cuma jualan surat keterangan :(

  7. wooh sime dadi dowo….iso opo ora mlebu dompet???

  8. hore! kaka bisaaaaaaaaaa…………….. :D

  9. Wah:::: komplit, sampai ke parkirpun di hitung, mantabbb!

  10. Pernah juga bikin mutasi Sim,ya memang seperti itu,SIM Cilegon mutasi ke Serang. Nice info Bapake :)

  11. bapake kaya ny niat bangetttt bikin artikel ini
    semua proses di tulis lengkap + foto dan waktu ny jga
    *nice artikel :wink:

  12. Murah lik.. aku pakai calo 400ewu .. Banyumas ke Jakarta.. habis.. kali diurus sendiri bisa tekor diongkos.. adoh je *alesanselaluada :D

  13. sip…info ajib iki … :D

  14. anu pakdhe, setelah diperpanjang, SIMnya jadi berapa centi ya ? masih muat di dompet nggak ?

  15. Murah, meriah, cepat dan mudah…ini info bagus, karena tahun depan saya juga mau pindah alamat rumah, bisa jadi acuan. BTW mutasi SIM di Jakarta sama di Semarang beda gak yaaaahhh…(tanda tanya besar..??)

    thanks Mas Bro’…

  16. cuman periksa kesehatan yg nihil, dicurup malah tesnya disuruh d tempat kursus dan gak pake tes langsung dapet sertifikat :D + waktu polisinya tau ane masih 16 tahun(waktu mau foto) malah dituain umur ane,,,
    cacat dan banyak yg harus dibenahi dinegara ini

  17. mantab neh, klo ngikutin prosedur emang ekonomis.
    tgl semangatnya aj

  18. wah haturnuhun untuk info ini masbro :D

  19. ternyata gampang…
    habis biasanya dipersulit, jadi orang males ngurus sendiri..
    thanks infonya

  20. Disana mudah ya ngurusnya,di tempat saya bertele-tele harus ngeluarin uang dulu baru cepat selesai urusannya.Bingung saya.

    Salam kenal. :)

  21. Salam kenal bapake..kalo urus cabut berkas mobil dari Kendal ke Semarang pernah gak? di share juga dong biar tambah joss info2nya, sukur2 sama biaya dan detil kaya artike ini :)

  22. Foto polwannya mana? :lol:

  23. SIM klo ilang ngurus piro an yo pak ?? :D

  24. wah, nais inpo iki..sapa tau pindah domisili..siippp

  25. Sip banget bapake… delok ngkas SImku yo entek…. bisa dipraktekan langsung nih…

  26. Pernah mutasi sim tp saya nolak cabut berkas, dg alasan saya tidak pernah tahu berkas sim saya…sy mendebat knp tdk dr pihak polres setempat yg berkoordinasi dg polres tempat berkas yg dicabut? Knp kita yg harus diribetkan utk ambil berkas…msh lumayan klo dr Smg-Kendal.. Lha klo dr Kalimantan-Jawa, kepriben jal?? Padahal SIM kita khan berlaku Nasional…akhirnya sy bisa perpanjangan sim tanpa harus nyabut berkas di tempat lama… Bgmn menurut bapake?

    • wah, lha saya malah baru denger yg kayak gitu… soalnya setahu saya prosedurnya gitu ya saya manut.
      memang sih berkas yg dicabut cuma sekedar kaya surat keterangan.
      Harusnya memang tidak perlu cabut berkas kali ya, kan sekarang sudah bisa online.

  27. jos aj um,kanaknyangket.blogspot.com/2012/09/yamaha-rx-king-motor-haram-yang-bener.html?m=1

  28. Lha begitulah pake Valkyla, sepertinya klo bisa dipersulit…kenapa harus dipermudah..!!! Sekedar share pengalaman saja waktu mutasi SIM C dr Kudus ke Pekalongan…sempat debat dengan personel yg brigadir2, sampai akhirnya dilemparkan ke kumendannya yg strip 3 lurus… dan akhirnya tanpa surat mutasi jadilah SIM C ku….Gak tau juga klo menurut SOP nya mana yg bener….hehehe….

  29. kalo pindah alamat tapi masih satu daerah gimana ya??
    Cuma pindah gang (beda RT) tok, kalo KTP sih berubah, lha kalo SIM n STNK piye?

    • kalau secara prosedural, setahu saya alamat di SIM & STNK harus sesuai dengan alamat di KTP. Jadi harusnya tetap diganti juga. Mungkin kalau belum habis masa berlakunya masih ada toleransi.
      Kebetulan td pas ngurus pajak di samsat, saya denger ada bapak2 yg alamatnya beda. Sama polisi di bagian pendaftaran harus dirubah berkasnya dulu. tp prosesnya gimana saya tidak tahu :D

  30. oh ko ada pernyertaan surat dokter segala, seperti mau tes kerja aja hehe.

  31. Bapake di panggil ke ruang foto apakah di foto lagi, kemudian sidik jari lagi?

  32. utk pengurusan mutasi diwakilkan, jd sim dan ktp asli dikirim ke tempat asal dulu gitu bapake? harus ada surat kuasa bermaterai? makasi rencana mo mutasi tengah bulan ini.

  33. kalo mao cabut berkas sim dikalimantan gimana caranya ya bapake,sedangkan saya berada di jakarta skrg.thank’s

    • wah, jauh juga ya…
      kalau di sana ada saudara, mending minta tolong saudaranya aja mas. Tinggal kirim SIM + KTP aslinya.
      tapi kalau tidak ada ya sepertinya agak repot.
      lebih jelasnya coba tanya ke polres aja mas.. :D

  34. Nice info, lumayan cepat dan simpel untuk urusan perpanjangan SIM..

  35. Makasih bapake ,tulisanya sangat membantu ,bln april mendatang saya jga mau mutasi skaligus memperpanjang,sebelume saya cri tau biaya mutasi tersebut ,menurut info mutasi SIM mahal nyampe 250rbu ,yang benar aja,
    mohon infone kalo ada kiranya yang tau biaya mutasi SIM di kota pacitan,makasih sebelumnya

  36. pake, kalo SIM e wes telat beberapa bulan masih bisa gk ya?
    SIM Kudus ku mati bulan oktober 2012, aku pindah jakarta,
    mohon advis nya..

  37. keren sob artikelnya, makasih banyak

  38. Mantab bos, pencerahan yg ok. Soalnya kita jg br mo mutasi. Report awal, biaya cabut 50 rebu (2 sim). Besok baru mo tahapan selanjutnya… Ty

  39. mas, mau tanya. kalo pencabutan berkas (dari alamat lama), itu harus dilakukan langsung oleh yg bersangkutan, atau bisa diwakilkan/dititipkan?
    trims, mas.

    • wah, kurang tahu pastinya mas…
      tp sepertinya bisa diwakilkan asal ada fotokopi KTP sama SIM ybs.

      • terima kasih atas infonya, mas. :)

        • sama2 mas…
          semoga bisa membantu..

          • terima kasih. :)
            oh ya, sekalian mau share jg. mungkin bermanfaat jg utk teman2 lain.
            hari Sabtu yg lalu ini saya baru memperpanjang STNK (motor) saya utk 5 tahunan plus pindah alamat (dr jakarta barat ke jakarta selatan). klise, yg saya keluhkan adalah birokrasi yg panjang & melelahkan. berikut kronologisnya:
            1. saya datang jam 9 pagi (ke Samsat Daan Mogot). motor masuk antrian utk cek fisik. ambil formulir cek fisik.
            2. setelah cek fisik selesai (dilakukan oleh petugas), fotokopi berkas2: Rp 6,000.
            3. diarahkan oleh petugas untuk menuju ke divisi Mutasi STNK. sampai di sana, katanya ada yg kurang fotokopi berkasnya (yg formulir). menuju tukang fotokopi lg: Rp 1,000. kembali lagi ke divisi Mutasi STNK, isi formulir (Rp 40,000).
            4. dari divisi Mutasi STNK diberikan semacam surat pengantar ke divisi TU Polri. ada satu bapak yg berbarengan dgn saya, dia bilang petugas yg melayani dia menganjurkan utk ‘kasih’ ke petugas TU nya, supaya cepat. petugas yg melayani saya sih ga bilang apa2.
            5. dari divisi TU, diberikan satu map berisi berkas2 (entah berkas apaan, saya ga cek lagi, capek) dan diarahkan ke divisi Mutasi STNK (lagi).
            6. menunggu tagihan pajak (SKPD). menurut saya di tahap ini yg paling aneh. menunggunya lama banget (sekitar 1/2 jam). FYI, normalnya di hr Sabtu jam operasionalnya 8 – 12 (tertulis di papan informasi). namun kata petugasnya hanya sampai jam 1130 (mungkin khusus di bulan puasa – pdhal waktu buka jg masih lama banget yak? hehehe).
            awalnya petugas memanggil sekitar 4-5 orang, jeda sekitar 10 menit, dipanggil lg 4-5 orang, dst. bahkan saya dengar di sebelah saya mengeluh bahwa dia datang dari jam 8 belum jg selesai2.
            nah, saat jam 1125, entah apa yg terjadi dan bagaimana, sekonyong2 tagihan utk semua orang muncul dgn ajaib. petugas yg memanggil dibantu oleh temannya (jadi 2 orang) langsung memanggil & membagikan tagihan dengan cepat. aneh bkn?
            7. bayar di kasir.
            8. ambil plat no baru. pulang jam 12.
            yg belum saya lakukan:
            9. ke Samsat Jakarta Selatan (Komdak) utk pengesahan BPKB (blm saya lakukan, karena waktunya ga keuber).
            10. ambil STNK baru (kata petugas terbit di bln Desember 2013).

            total waktu yg dihabiskan = 3 jam (waktu menunggu paling lama adalah di poin 5 & 6).
            total energi terbuang = ga jelas ukurannya, yg pasti capek mondar-mandir. perlu diketahui pula bahwa lokasi antara tiap divisi ga berdekatan (beda lantai).
            total biaya (di luar pajak) = fotokopi + formulir + parkir = 7,000 + 40,000 + 2,000 = 49,000.
            saya jd berpikir, gimana calo ga merajalela & banyak pula peminatnya ya? wong birokrasinya ribet bgono & melelahkan.
            ampun dah.
            sekian pengalaman dari saya. siapa tau bermanfaat dan bisa jadi bahan pertimbangan buat teman2. :)

          • wah, terima kasih sudah share pengalaman mas.
            memang sudah jadi rahasia umum kalau birokrasi di negara kita ini berbelit-belit & rawan penyelewengan. apalagi kalau kita ketemu oknum yg menganut paham “ada uang semua lancar”. bagi orang2 yg sibuk memang sangat menyita waktu.
            berhadapan dengan birokrasi di sini kita punya 2 pilihan. Urus sendiri dengan biaya murah tp beresiko makan waktu yg cukup lama, atau lewat orang lain (calo) biar cepat & tidak repot tp konsekwensinya harus mengeluarkan biaya yg cukup mahal.
            semua kembali ke diri kita masing2 :D

  40. bapake biaya makan dan minum plus rokoknya belum di itung?

  41. pak broo…nek nyabut berkase nitip/diwakilkan/nyuruh uwong liyo bisa g tuh??

  42. Pak itu berkas pindahnya boleh ga fotokopi apa harus aslinya? terima kasih.

  43. gembong sugiyarso

    it s so helpful babakne
    karena agak gimana gitu kalo berhubungan dengan pak pollisi itu
    kesannya kriminal atau musti pakai duit aj..insyaallah ya pak e
    pak polisi lebih ramah lingkungan amben komandanne wis sadar kabeh dadi soleh dan tawakallah ..maturnuhun bin haturnuhun bin thank you bin mercy..

  44. Bagus thu,mksh infone aku mw urus pindah sim dr jogja ke portorico

  45. Aku urus mlh cuma

    Mutasi : 30

    Perpanjangan : 75

    Surat dokter : 20

  46. mw nanya nich bapake !!

    apa mutasi SIM harus ada KTP daerah yg mw kita tuju…

    soal nya ane mw pindah/mutasi dari Pulau BATAM ke PADANG..

    mohon d bntu ya BAPEKE

  47. Kalo telat 1 tahun gmn bapak ke… Perpanjang bsa ora yoo…?

    • wah, kalau itu setahu saya maksimal telat 1th masih bisa perpanjang..
      tapi kalau lebih dari 1 th sepertinya harus bikin baru..
      untuk lebih jelasnya coba tanyakan di polres setempat aja mas..
      tapi jangan tanya sama calonya ya :D

  48. wah suwun infonya,sya mo ngurus mutasi sim c sya dari kediri ke magetan,

  1. Ping-balik: Manfaat Ngeblog Menurut Para Blogger « Irfan Handi

  2. Ping-balik: Urus Sendiri Pajak 5 Tahunan & Ganti Plat Nomor Megapro « VALKYLA1723

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN & KOMENTAR ANDA SEMUA...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.422 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: