PERSIAPAN MOTOR JIKA MAU BERBASAH-BASAH.

Assalamu’alaikum…

Ketemu lagi dengan bapake di blog pemula ini.

jika di artikel saya sebelumnya membahas tentang berkendara dalam hujan, di artikel ini saya akan berbagi info tentang persiapan motor jika mau berhujan-hujan ria. (masih menurut versi saya).

1. Lampu

Jarak pandang yg terbatas saat hujan akan terbantu dengan menyalakan lampu. tetapi lebih sip lagi jika yg dipakai adalah lampu yg bercahaya kekuningan. memang agak susah nyari lampu jenis ini. Kalo tidak ada ya pakai lampu standar aja. Yg tidak saya sarankan adalah lampu jenis HID atau proyektor. memang terlihat keren jika cuaca cerah. tapi saat hujan, cahayanya yg berwarna putih kebiru2an justru tidak akan terlihat dalam hujan. Demikian juga lampu belakang. Hindari pemakaian bohlam putih atau mika berwarna bening. Hanya alay2 begolah yg pake lampu kaya gitu.

lampu HID proyektor

2. Kabel kelistrikan

bungkus sambungan2 kabel dengan isolasi kabel untuk menghindari menyusupnya air ke dalam soket2 listrik yg dapat menimbulkan korsleting. lebih bagus lagi jika memakai sarung kabel. sarung ini jika dipanasi akan mengkerut yg justru membuat sambungan jadi lebih rapat. Cuma nyarinya yg agak susah. Atau bisa juga semprot soket2 kabel dengan cairan penetrant (WD-40) cairan ini bermusuhan dengan air, jadi lumayan bisa melindungi.

3. Ban

ban sangat vital jika berkendara dalam hujan. segera ganti jika kembangan ban sudah mulai gundul/tipis. sebab ban yg tipis sangat licin jika dipakai dalam hujan karena berkurangnya daya cengkeram tapak ban. Jangan punya pikiran untuk dibawa ke Jepara buat diukir ulang. percuma….. Demikian juga ban kecil & ban trail yg mempunyai kembangan kotak2. berbahaya karena tapak ban yg minim.

Ban yg cocok dipakai dalam kondisi basah biasanya mempunyai kembangan/pattern yg rapat & memanjang sampai ke dinding ban. Beberapa merk ada yg sudah mencantumkan tulisan “FOR WET AND DRY USE” di dinding ban.

4. Footstep & Handgrip

footstep & handgrip yg terbuat dari besi/aluminium tanpa dilapisi karet cenderung licin dipakai dalam kondisi basah. Seperti yg dipakai di footstep underbone. lebih baik memakai footstep yg dilapisi karet atau pakai yg standar saja.

5. Filter karbu

banyak yg melepas filter karbu dengan alasan biar larinya enak (padahal gak juga). tapi kalau cuaca sering hujan, mending pasang lagi deh. daripada motor mogok gara2 air masuk ke moncong karbu.. udah hujan, dorong2 motor lagi. walaahh….

ambil dari gugel yg ternyata punya mas Mul😀

6. Rem

Pastikan juga semua piranti pengereman masih berfungsi dengan baik. setel jarak bebas tuas rem sesuai dengan patokan standar pabrik..

7. Cop & kabel Busi

Motor yg sudah berumur atau bahkan susah uzur biasanya cop businya sudah retak2. bahkan kabel busi juga ada yg getas/pecah. bahkan saya pernah lihat kabel langsung dililitkan ke busi tanpa memakai cop. Berbahaya jika dipakai dalam hujan. Periksa & tutup jika ada yg retak. bisa diakali dengan melilitkan isolasi kabel pada sambungan kabel & cop busi kemudian dikencangkan dengan cable tie. Kalau ada dana lebih, silakan dilem biru.

(ini masukan dari bro Nanared)

8. Fender Belakang

Nah kalo ini sih seperti yg sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya di sini. Intinya biar tidak mengganggu pengendara lain, sebaiknya pasang lagi fender belakang kalo sebelumnya dilepas..

Demikian sedikit tips dari saya. semoga bermanfaat bagi brother & sister semuanya.

Silakan jika ada yg mau menambahkan..

Wassalamu’alaikum….

About bapakeVALKYLA

seorang pria biasa, karyawan di sebuah swalayan, ayah dari 2 orang putri yang pengen turing tapi terkendala waktu yg tidak bersahabat.

Posted on 26 November 2011, in Roda 2, Umum. Bookmark the permalink. 14 Komentar.

  1. wakeh yo seng kudu dipersiapno🙂

  2. tambah berdoa dan menjaga agar orang2 nggak kecipratan aka kebenjeng(bahasa indone opo yo)🙂

  3. “bahkan saya pernah lihat kabel langsung dililitkan ke busi tanpa memakai cop” setressss kayaknya mau ngejar 220 KPJ:mrgreen:

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN & KOMENTAR ANDA SEMUA...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: