BERKENDARA AMAN BUAT CEWEK

Assalamu’alaikum….

Biasanya sih blog seputar otomotif yg mampir kebanyakan adalah kaum batangan. Jarang banget ada pengunjung cewek. Tapi gak ada salahnya jika VK buat artikel ini… Barangkali bisa dishare ke istri, pacar, adik, teman, selingkuhan…ups…:mrgreen:

Berdasarkan pengamatan (halah gayane…) & juga sedikit tanya jawab dengan temen kerja yg mayoritas cewek, kebanyakan cewek tua ataupun muda kalo naik motor itu cenderung tidak memperhatikan unsur safety. Pokoknya asal gas, motor jalan sampe tujuan lah.. Kadang juga gak peduli dengan kondisi sekitar.

Berikut sedikit masukan buat cewek2 kalo mau aman dalam berkendara menurut pendapat saya (lagi).

1.Pakai Helm dengan benar

Helm mutlak buat keselamatan. memang sih udah banyak yg pake helm. tapi terkadang sering dipakai asal templok. tidak dikunci dengan benar, langsung jalan. Kalo jatuh jelas2 bakal lepas tuh.. So, mbak2 kalo pake helm dikunci yg bener ya…

2. Pakai jaket yg benar.

Jaket yg bagus buat riding adalah jaket kulit atau type turing. tapi kebanyakan cewek gak nyaman kalo pake jaket model gitu. Biasanya sih cuma pake jaket kain yg tipis sekedar nutupin lengan biar gak item (kecuali yg sudah item).  Gak papa juga sih. cumaa… pakainya yg normal. dalam arti jangan dibalik kaya foto di bawah..

jaketnya dibalik

selain gak nyaman, juga wagu kalo diliat.. jangan gitu lagi ya..

3.  Pakai sarung tangan kulit

Sama dengan jaket.. Usahakan pakai sarung tangan kulit yg lebih aman & melindungi dari gesekan dgn aspal kalo jatuh. Selain itu juga gak dingin kalo dipakai riding malem2. Udah ada juga kok yg model kulit khusus buat cewek. Memang banyak cewek yg gak nyaman dgn model kulit, makanya lebih milih model kain biasa. Pokoknya asal kulit gak belang lah. (Setidaknya gitu pendapat temen2).

4. Jangan Pakai Rok

Rok memang tdk dianjurkan buat naik motor. Selain ribet karena mesti bolak balik benerin kalo pas gak sengaja “naik”, untuk mengantisipasi manuver2 mendadak bakal susah kalo pake rok. Jadi untuk amannya, lebih baik pakai celana panjang, trus kalo sudah sampai di tempat kerja, baru ganti pakai rok.

5. Jangan SMS/telpon sambil riding Yg ini sudah jelas.. selain mengganggu konsentrasi, juga membahayakan pengendara lain. Sebenernya gak cuma cewek yg kayak gitu. cowok juga. Tapi yg sering VK liat sih ABG2 cewek  yg kayak gini.. Kalo sayang nyawa, mending minggir dulu kalo mau bales sms/telpon. atau balesnya kalo udah sampai rumah.

6. Beri tanda kalo mau belok

Ini mutlak juga sih. Biasakan kasih tanda pakai lampu sein kalau mau belok atau nyeberang. biar kendaraan dari belakang atau depan bisa mengantisipasi. selain itu juga harus lihat2 keadaan di sekeliling, apakah lalu lintas aman atau tidak. Gak ada salahnya nengok ke belakang dulu kalau mau belok. cuma kebanyakan memang cewek kalau belok yaa langsung belok aja tanpa liat2 sekeliling atau kasih tanda. kalaupun nyalain sein biasanya setelah belok. Kebiasaan ini yg harus dirubah. (Akan VK tulis di artikel selanjutnya soal ini)

7. Jangan Pakai Tas Cangklong

Tas tangan atau tas cangklong (apalah istilahnya gak mudeng) yg biasanya cuma dicangklongin di pundak sebenarnya cukup berbahaya. Selain ribet karena mesti bolak-balik benerin kalau melorot, juga rawan dijambret. Lebih baik pakai tas ransel atau tas selempang. lebih aman.. Kalaupun tetep pakai tas cangklong, bisa diakali dengan menutup pake jaket. Jadi tas dicangklong dulu, baru pakai jaket.. jambret pasti kesulitan kalo mau ngrebut.

 

8. Posisikan motor sesuai kecepatan

Sering saya lihat biker cewek berjalan pelan tapi posisi motor ada di tengah. Hal itu bisa membingungkan kendaraan di belakangnya. kalo yg di belakang motor sih masih bisa nyelip, lha kalo yg di belakangnya itu mobil? Bingung kan? Diklakson kaget, tapi didiamkan malah gak ngrasa. Jadi, posisikan motor sesuai kecepatan. kalau pelan ya di pinggir..

 

Terkadang berkendara aman justru tidak nyaman bagi sebagian cewek. Tapi tak ada salahnya kan kalau demi keselamatan diri.

Keselamatan di jalan harus dimulai dari diri sendiri dengan membiasakan diri berkendara secara aman. Kalaupun membahayakan diri, sebaiknya jangan membahayakan orang lain.

Mungkin itu yang bisa VK sampaikan. barangkali ada yg mau menambahkan.

Monggo dishare pendapat & masukannya.

Terima kasih

Wassalamu’alaikum

NB : foto2 ngambil dari mbah gugel.. mohon maaf jika ternyata ada yg milik rekan2 blogger.

About bapakeVALKYLA

seorang pria biasa, karyawan di sebuah swalayan, ayah dari 2 orang putri yang pengen turing tapi terkendala waktu yg tidak bersahabat.

Posted on 29 November 2011, in Roda 2, Umum. Bookmark the permalink. 48 Komentar.

  1. Pertamax diamankan..
    gimana yah broo.. kebanyakan female rider msh pny mindset maunya dilindungi..

  2. keduaaxx

    tak kiro ono potoku mbarang,,jheheh

    sipp deh😉

  3. Wah mantap nih Bro…tak sampaikan ke selingkuhanku deh:mrgreen:

  4. Belok dulu baru liat spion dan sein. Ksalahan klasik:mrgreen:

  5. kepingin tetep keliatan cantik, itu salahsatu alasan rider cewek…
    makanya sering pake helm mungil biar keliatan wajah cakepnya, pake rok mini biar keliatan mulusnya:mrgreen: , pake jaket super tipis en ketat biar keliatan bentuk ‘siluet’ bodynya:mrgreen:
    mas lingga nih “pakarnya”😆

    • ya kalo itu sih memang sudah kodratnya. pengen slalu tampil cantik.
      kadang seneng juga sih ngliatinnya. tapi lebih baik aman untuk diri sendiri kan?

      *mas lingga dirasani kupinge gatel lho…

  6. wah jangan pakai rok??? hmmmm bisa ngembang kayak parasut:mrgreen:

  7. Ngiiiiiiiinnggg……. Disalip biker cewek yang pake rox… Eh ternyata semakin kencang motornya semakin kencang pula bunyinya…

  8. betul banget tuh mas… rata rata biker cewek seperti itu… apalagi kalo masalah memberi sinyal sein… wah itu saya sering ketemu… bahaya banget buat diri sendiri dan orang lain… juga yang pelen tapi di tengah atau disebelah kanan kalo 2 lajur… jelas2 jelas yang sebelah kanan untuk yang cepat dan kiri untuk yang lambat… pada jalan 2 jalur…

    • memang mayoritas gitu. bukannya memojokkan kaum hawa, tapi seringkali mereka jadi penyebab kecelakaan..
      kita harus pelan2 mengingatkan mereka.. mulai dari kerabat terdekat dulu..
      saat istri saya belajar riding dulu, saya tunjukin ke dia perilaku salah dlm berkendara & jgn ditiru. alhamdulillah sekarang sudah lebih baik.

  9. paling seneng kalo dampingan biker cewe dilampu merah yang pake hotpants:mrgreen:
    bikir seger pandangan yang gerah😳

  10. mantab! lanjutt tips safety ne #lhoo mossookk pengunjung blog batangan thok?

    visitor warung ku akeh sing cewek lho om.. #malah ada cewek indo sing berkunjung dari Torino italy:mrgreen:

  11. apiiikk..apiikkk..ijin share juragan… biar byk yg baca dan peduli safety..

    http://boerhunt.wordpress.com/2011/11/30/intermezzo-oleh-oleh-dari-tugas/

  12. pernah liat…cewek pake rok mini…gak pake helm…naek mio …. eh nyampe deket stadion dicegat cowo2 club FU … gletexxx… dimintai nomer😀 … trus disuruh pergii😀

    so… jangan memakai baju yg mengundang birahi… bisa2 dicegat😀

    • ya itu bahayanya, bro. untung cuma dimintai nomer, lha kalo diperkaos?
      emang ABG cewek jaman sekarang gaya berpakaiannya cenderung “mengundang”. kaos ketat, hotpants, rok minilah. kalo cowok yg ngliat mikirnya “lumayan, ada pandangan seger” masih mending. lha kalo niatnya jelek? repot juga kan?

      • la iya …saya wktu itu bro lg ngopi2 ama temen2 mau nolongin tp takut kena gebukin ..ane liat dr jauh aja

        n ane liat ada salah satu TANGAN cowo itu MENYENTUH DADA si CEWE .. MIRISSSS

  13. cewek sumber inspirasi…#ora nyambung#:mrgreen:

  14. Nice info.
    Dari sananya sdh item jadi ga takut gosong. Ga keliatan manisnya ya gpp yg penting safety. Kalau modis malah bapaknya yg ngamuk. Hehe.

  15. he he he…….. keren bro….. biar cwe makin safety….. pake jaket yang benar???? biasana cwe kalo naik motor jarang pake jaket… senenge pake baju belum jadi biar dianggap sexy….

  16. pemahaman keselamatan msh minim.. pling seneng liat lady biker karyawan bank, bodynya nancep bgt..

  17. pakai rok waktu naik motor gak masalah kali.tips bg cwe yg pakai rok pilihlah model bentuk A yg lebar jgn lupa pake rangkepan dalamx spt legging.dijamin te2p feminin n nyaman naik motor meski pake rok..trs yg penting pake rok panjang bukan rok mini ya ladies..

    • memang betul, masbro…
      yg saya maksud di artikel ini adalah rok mini. karena yg sering saya lihat, cewek naik motor pake rok mini ketat tp tidak pakai legging.. mungkin pegawai kantoran atau bank.
      kalo temen2 kantor saya kebanyakan pakai celana panjang waktu berangkat, trus ganti pakai rok kalo udah sampai..

      btw, terimakasih masukannya..

  1. Ping-balik: Waspada Penjambretan Saat Riding | VALKYLA1723

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN & KOMENTAR ANDA SEMUA...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: