AKHIRNYA BOLONG JUGA…

Assalamu’alaikum…. Pagi tadi saat  baru bangun tidur, bapake mencium bau semerbak yang tidak asing lagi… Buru-buru bapake cek, dan ternyata dugaan bapake benar. Bau itu berasal dari tetesan bensin, gak lagi rembes. TANGKI SI GAGAK BOCOR!!!. Padahal 1bulan 1x selalu ada ritual kuras tangki, trus gak pernah telat ngisi bensin. Walaupun lebih sering Premium, tapi tiap bulan selalu diselingi Pertamax. Buru-buru bapake kasih pertolongan pertama yaitu dioles pake sabun. Tapi ternyata gak mempan cuy.. masih tetep netes lumayan banyak. Yowislah, bapake tinggal dulu buat jalanin ritual mandiin si valen + makein baju. Habis itu baru bapake mandi karena mau nganterin bundaValen. Ternyata di perjalanan bensin malah menetes tambah parah sampai2 mengotori sepatu. Ya udah karena mau kerja, untuk sementara dilem dulu pake lem besi merk Dextone.(gak kepikiran difoto nih..:mrgreen: ) buka cover samping, lepas jok, lepas tangki dari motor, terus kuras bensin. Kotor banget & bercampur air. Setelah itu bersihin daerah yg diduga bocor pake bensin. Dan ternyataa…..

ada 3 lubang nih..

Ada 3 lubang di area sekitar kran bensin. Makanya kok netes banyak banget. Memang bulan ini bapake belum kuras tangki karena belum sempat. tapi masak bisa bolong dalam waktu 1bln gitu sih? Dan setelah diamati, kayaknya kok plat tangkinya tipis ya? Ya sudahlah, langsung dilem biru  besi aja. Campur dulu 2 bahan lem yg berwarna hitam & putih secara merata, terus dioleskan pada daerah yg bolong setelah sebelumnya bapake tutup pake potongan kaleng bekas. Sengaja bapake olesin yg tebal untuk menghindari kebocoran lagi.

udah ditambal…

Tunggu hingga bener2 kering. Sebenernya lebih baik kalo didiamkan semaleman biar mantep keringnya. tapi karena harus kerja, jadi 1 jam udah cukuplah. Setelah itu tuang lagi bensinnya ke dalam tangki, & dilihat apakah masih ada yg ngeces lagi tidak.. Alhamdulillah ternyata aman2 saja. Yowis pasang lagi semuanya, dicek gak ada yg ketinggalan.. Semoga tidak bocor lagi. Kalo bocor ya terpaksa dilas atau dilem biru😀 Setelah sampai di tempat kerja, bapake pun share ke teman2 yg juga  pengguna motor yg sama. Dan ternyata ada 3 teman yg juga mengalami hal yang serupa. Rata2 kebocoran ada di sekitar kran bensin. Di blog2 yg pernah bapake baca juga banyak yg bilang kalau ini adalah penyakit turunan. Sebenarnya ini masalah bahan tangki yg kurang bagus, cara perawatan, atau karena pengaruh lain? Lokasi parkir misalnya..

Artikel ini bukan bermaksud untuk BC atau menjelek-jelekan salah satu pabrikan. Hanya share kepada pembaca & semoga bisa jadi masukan untuk pabrikan agar ke depannya bisa mengeluarkan produk yg lebih baik. Terima Kasih… Wassalamu’alaikum… ______________________________________________________ ada tips menarik yg diberikan oleh salah 1 komentator di Fanpage.. semoga bisa jadi referensi untuk brother semua.. 1. Klo misal masih sekedar rembes bisa langsung di patri di tukang tambal radiator mobil….🙂 murah namun ampuh drpd sekedar pke lem besi….🙂 lem besi hanya bersifat sementara mas… 2. Bila sudah netes”… Segera bawa ke tukang las untuk mengganti plat yg bocor td….lalu bilang minta pke plat Galvanis yg anti karat….😀 3. Bila budget lg cekak…. Bsa di tambal dr dalam pakai resin…. Harga 35rb+katalis… Bsa di peroleh ke toko kimia…. Caranya : ambil gelas aqua bekas dan isi dengan resin dan teteskan katalis 7-9 tetes….semakin banyak,semakin cepat keras…. Lalu, masukkan resin td ke dalam tangki….dan arah kan ke bagian yg bocor…lalu goyangkan ke segala arah smpai merata….lalu copot keran bensin dan biarkan resin keluar dan tunggu resin akan mengeras dengan sendirinya…. Jangan panik karna tangki menjadi panas….itu proses “hardening” pd resin…..🙂 masih blm puas jga…. Setelah resin mengering…masuk epoxy/cat dasar yg berwarna abu” ke dalam tangki….caranya seperti proses diatas….😀 dari bro enth : sekedar saran biar bagian dalam tangki tidak berkarat, bagian dalamnya dilapis “anker lak”, cairan yang biasa dipake tukang dinamo. bentuknya cair warnanya kuning bening, tapi kalo sudah kering keras seperti kaca. tinggal dituang lalu tangki dibolak-balik, biarkan semalaman biar kering. kalo ada kotoran nantinya akan melekat kayak di cor. lubang kran ditutup dulu pake gabus. belinya ditoko listrik yang juga jual kawat spul. harganya 10ribu sebotol minuman energi. 1 botol bisa buat rame-rame lho. hati-hati jangan sampe meluber kena cat. kalo sudah kering nggak bisa dibuang karena mengeras seperti kaca.

About bapakeVALKYLA

seorang pria biasa, karyawan di sebuah swalayan, ayah dari 2 orang putri yang pengen turing tapi terkendala waktu yg tidak bersahabat.

Posted on 29 Desember 2011, in Roda 2, Umum and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 61 Komentar.

  1. ternyata, kabar tentang megi bolong benar adanya……… waduh, tanda-tanda mau ganti tunggangan nihhh..🙂

  2. Selamat ya pak

  3. itu bukan salah parkir/perawatan, tapi murni karena salah desain dan kualitas material yg rendah.
    kalo honda memahami kebiasaan di Indonesia dimana parkiran gak selalu tertutup tentunya desainlah tutup tangki yg kedap air, atau model lain, kaya punya ninja (BTW ninja lawas juga gak ada isu tangki bocor) atau pilihlah material tangki berkualitas (kaya produk india, bajaj,TVS yg tangkinya lebih tebal).
    itulah akibatnya jika tim R&D (riset n’ development) gak memahami kondisi. akibatnya tangki bocor jadi penyakit yg paling menjijikkan bukan hanya megapro tapi juga tiger atau GL series lainnya

  4. H memang cukup fenomenal dengan tangki bocor jadi tenang saja pak yang lain juga banyak kok.. gak usah kawatir…!!!

  5. sekedar saran biar bagian dalam tangki tidak berkarat, bagian dalamnya dilapis “anker lak”, cairan yang biasa dipake tukang dinamo. bentuknya cair warnanya kuning bening, tapi kalo sudah kering keras seperti kaca.

    • wah, info yg bagus tuh…
      pakainya tinggal tuang gitu ya?
      bisa beli dimana bro?

      • yan tinggal dituang lalu tangki dibolak-balik, biarkan semalaman biar kering. kalo ada kotoran nantinya akan melekat kayak di cor. lubang kran ditutup dulu pake gabus. belinya ditoko listrik yang juga jual kawat spul. harganya 10ribu sebotol minuman energi. 1 botol bisa buat rame-rame lho. hati-hati jangan sampe meluber kena cat. kalo sudah kering nggak bisa dibuang karena mengeras seperti kaca. kalo dimotor bebek sih nggak masalah, kan ketutup bodi

    • ankerlak bisa di dapat dimana mas bro. ntuk pengeringan resin dan epoxy sendiri berpa lama

  6. waduh dr hondut tangki bocor

    dr yamahmud rangka deltabox karatan

    wkwkwkwkwk ..

    dr sisuki ada gak ya?

  7. Ralat tuh, bolongnya ada empat.😀

  8. adduuuhhhh……❗
    *prihatin,kecewa plus dagdigdug,satu merk dan tipe nih,gawat….. *
    mana QC pabrikan

    • kalo NMP denger2 gak kayak gitu sih.
      semoga…
      bukan salah QC juga lho..
      soalnya tugas mereka kan cuma ngecek final dari luar. apakah lampu2 nyala, klakson bunyi, gak ada suara mesin yg aneh2, rem fungsi dsb.
      gak mungkin mereke ngecek daleman tangki atau materialnya karena itu bikinan vendor(mungkin). gak mungkin juga mereka ngecek daleman komstir oblak atau tidak.
      biasanya suatu produk bermasalah itu setelah rentang waktu pemakaian tertentu.

  9. wah.. tragis banget..

  10. penyakit akut yang susah sembuh..

  11. saya juga mengalami hal yang sama..megapro habis ganti tangki..

  12. tapi masih laris ya..ada yg salah kyknya dg mindset konsumen qta, merk sentris!

  13. turut berduka ama tangkinya.. semoga gak terulang:mrgreen:

  14. habis di tambal dextone, di kasih sealent/sealer mungkin lebih bagus bro…anti air..
    sealent ,tuh yg kayak odol, pas kering berubah kyk karet…biasanya sering dipakai di bengkel2 mobil…1 tube kecil 7rb…

  15. ganti pakai fiber hehehehehehe

  16. di jamin bar terima gaji. Lgsung menuju barito ganti tangki.

  17. Woalah, motor anyar kok koyo ngono? Terus apa kata dari pihak pabrikan menyoal masalah ini?

  18. Ninin rr gw rembes bocor bro.. Ada yg bisa kasih solusi g?

    • kalau masih bocor kecil, coba dipatri di tukang radiator dulu mas..
      terus daleman tangki dikasih lapisan seperti saran komentator di atas…
      kalau sudah parah ya tetap harus ganti baru..

      • perasaan tangki motor kan dari besi? kalau tukang radiatornya bisa las kuningan itu baru bisa, kalau cuma dipatri pakai timah ga bakalan bisa nempel (ga da sejarahnya nambel besi pakai timah!)

      • satu hal lagi, kalau mau nambel tangki bbm dengan las, harap diingatkan untuk mengisi air kedalam tangki , tujuannya agar uap bensin keluar semua dan tangki tidak meledak saat dilas (biasanya bengkel jip pada tahu)

  19. sekedar info mas2 smua, mau sdkit komen yg pernytaan trkhir.. dbawa ke tkg patri alias nambal itu malah memperparah keadaan tangki, krena mmbuat rsiko lubang2 baru trcipta oleh panas dari las an trsebut. saya sdah mencoba nya, dan alhasil timbul lubang baru dan skrg sdah saya akalin pake dextone atau lem besi. menurut saya lebih baik diakalin pake lem besi dan untuk ddlm.tangkinya pakai cat epoxy untuk pencegahan.

  20. klo untuk ngelem baut tutup pelampung kuat tidak gan…soalnya baut ane copot satu, apa harus d las…

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN & KOMENTAR ANDA SEMUA...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: