Ban Cacing = ALAY ?

Alay….

Pasti kita sering mendengar istilah itu.. Beberapa waktu lalu bahkan sampai sekarang di dunia blogger masih rame membahas tentang alay. Entah itu motor alay, rider alay atau alay2 yg lain.

Kali ini bapake coba membahas tentang alay ini dari sudut pandang bapake.

Apa itu alay?

Setahu bapake, alay yg merupakan singkatan dari anak layangan pada awalnya diperuntukkan bagi anak2 muda yg gemar menonton acara musik di studio. Kebanyakan mereka berdiri di belakang artis2 yg sedang tampil, dengan dandanan heboh (bisa dibilang norak) khas anak muda (sok) gaul. Malah terkadang dandanan mereka tidak sesuai dengan tampang mereka. terutama buat cowoknya.. Misal, kulitnya item tapi pake baju ngejreng yg nyulek mata, atau rambut dicat kuning genjreng kaya mau kampanye gitchu…

Kenapa disebut anak layangan?

Anak layangan atau anak2 yg suka main layang2 biasanya bertampang dekil, dengan kulit kehitaman & rambut merah terbakar matahariMelihat dari kota asal sebutan ini dilahirkan, yaitu Jakarta yg notabene adalah kota besar yg jarang sekali ditemui anak2 yg main layangan kecuali di kampung pinggiran, maka secara tidak langsung sebutan alay ini bisa diartikan sebagai anak kampungan alias norak..

Alay = Anak Lebay

Selain anak layangan, alay juga bisa diartikan sebagai anak lebay alias bertindak berlebihan. Misalnya, dari dandanan yg hebih, cara bicara yg cenderung dibuat-buat, ataupun cara menulis sms yg campur aduk antara huruf kapital, huruf kecil, angka2 & tanda baca digabung jadi satu. Jujur, bapake kadang mumet kalo baca tulisan2 alay itu. Apa mungkin alay itu sejenis alayien ya?? Mungkin terkesan gaul bagi mereka, tapi bagi sebagian orang justru membingungkan..

Alay dalam bermotor

Nah, berhubung blog2 yg heboh membahas alay adalah blog roda 2, maka bapake hanya membahas tentang alay dalam bermotor saja.

Menurut kacamata bapake, dari beberapa blog yg sering bapake kunjungi istilah Alay dalam bermotor cenderung lebih ke hal2 yg negatif. Misalnya gaya modif yg kurang memperhatikan unsur safety & merugikan pengendara lain seperti pemakaian ban cacing, melepas spion, pemakaian knalpot cempreng yg suaranya aja lebih kenceng daripada kecepatan motornya, pakai mika stoplamp warna putih atau melepas fender belakang. Selain itu gaya berkendaranya juga cenderung membahayakan orang lain, sruntulan, tidak menyalakan lampu utama pada malam hari, belok tanpa sein, sampai berjalan tidak beraturan alias zig-zag.. Rata2 biker alay ini adalah anak2 muda labil alias ababil walaupun tidak menutup kemungkinan ada orang dewasa yg alay juga.

Kenapa memakai ban cacing = alay ?

Pada awalnya pemakaian ban tipis alias ban cacing ini lebih dikhususkan untuk motor2 yg turun dalam ajang drag bike resmi. Yah.. namanya motor drag, sebisa mungkin bobot motor dikurangi biar larinya kenceng.. Gak cuma pakai ban tipis aja, tapi ada juga yg sampai membolongi rangka. Sah2 saja, wong balap resmi kok…

Sedang tren ban tipis untuk harian sebenernya sudah ada sejak 5-8 th yg lalu. Tidak bisa dipungkiri, peran media terutama media cetaklah yg bertanggungjawab dalam penyebaran virus ban tipis ini. Bapake dulu berlangganan salah satu tabloid motor yg jadi anggota grup Jawa Pos. Artikel2 modifnya lebih sering menampilkan motor2 berban tipis yg katanya modif ala thailand alias Mothai. Bahkan  selalu menekankan kata2 gaul dalam artikel itu. Yah gak heran jika sekarang pakai ban tipis itu jadi tren  biar gaul. Gak anak2 sekolah, mahasiswa, karyawan, bahkan polisi juga ada. Gak cuma motor bebek atau matik, bahkan motor sport yg bodinya gede saja dipasangi ban tipis. Lha yo ora imbang to le…  Selain gaul, katanya juga biar tarikannya enteng, larinya bisa kenceng. Salah kaprah tuh…

Pabrikan sudah merancang spek ban yg dipasang pada motor2 produksinya sesuai dengan bobot & kemampuan mesinnya. Lha kok malah diganti lebih kecil.. Mengganti ban standar dengan ban tipis selain berbahaya buat diri sendiri juga bisa membahayakan orang lain. Karen  semakin kecil ban yg dipakai, semakin berkurang juga tapak ban yg kontak dengan aspal. Untuk dipakai menikung juga  berbahaya karena cengkeraman tapak ban yg minim. Kalau pas nikung terus terpeleset & jatuh.. Rugi sendiri kan? Kalau jatuh sendiri sih masih mending karena resiko ditanggung sendiri. Kalau jatuhnya menyeret orang lain? Selain rugi sendiri juga merugikan orang lain.  Itulah kenapa banyak yg anti dengan ban cacing.Selain itu fungsi ban adalah untuk membantu sokbreker meredam guncangan saat melewati jalan yg bergelombang. Lha kalau ban tipis kejeblos lubang bakal ndlosor dengan sukses. Minimal pelek peyanglah.

nyomot punya pakdhe maskur

“halah… gak apa2 pakai ban tipis. Kan jalannya pelan2..”

Bapake rasa tidak mungkin seorang biker akan jalan pelan seterusnya.. Pegel cuy… Tetap adakalanya pengen kenceng juga. Wong bapake juga sering liat motor ban tipis jalannya kenceng kok.

Sekali lagi, alay bukan cuma soal ban kecil. Tapi lebih ke attitude dalam berkendara yg membahayakan orang lain. Motor dengan ban gede kalau jalannya sruntulan & menyerobot jalur orang lain bisa disebut alay juga.

Tren ini tidak bisa serta merta dihilangkan. Perlu peran berbagai pihak. Selain aparat yg harus lebih tegas, media juga harus bisa menampilkan artikel2 yg lebih mengutamakan safety dalam berkendara maupun dalam memodif kendaraan. Termasuk blogger juga lho. Bahkan mungkin penjual ban tipis juga harus tegas. Gak boleh beli ban cacing kalo gak bisa nunjukin KIS khusus balap drag ( ngimpi kali yeee:mrgreen: )

Mungkin seiring usia & tuntutan hidup, para alay itu akan sadar & kembali memasang piranti standar motornya masing2.

Bukannya sok suci atau merasa paling benar, tapi hanya berusaha tertib demi kenyamanan & keselamatan bersama.

Semoga bermanfaat..

Kalo yg alay kaya gini gimana yaa???

 

About bapakeVALKYLA

seorang pria biasa, karyawan di sebuah swalayan, ayah dari 2 orang putri yang pengen turing tapi terkendala waktu yg tidak bersahabat.

Posted on 7 Februari 2012, in Seputar Jalanan, Umum and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 92 Komentar.

  1. yg alay itu orangnya bukan motornya.

  2. gaya make di jalannya alay pengendaranya) di tambah motor nya bergaya alay modif nya… Alay kuadrat 🙂

  3. suit suit,pake ban Dalem(an) tipis juga tuh

  4. jiiiaaahhh….sekarang ada bonusnya…mantep om…tolong diperbanyak yah…:mrgreen:

  5. Seng paling ngisor gedhe mas brooo… Duduk alay berarti… hahaha…🙄 . Hati – hati mas, jangan vulgar – vulgar banget… Nanti istri nongol, kenak marah lho, hahaha *sekedar mengingatkan.

  6. wadow…alay paling bawah paling ayahab kuwi:mrgreen:
    (wis ijin ojob durung nek pasang gambar ‘alay’ kodew??😆 )

  7. ban gede yang over gede juga lebay ah (kalau nggak mau disebut alay), mosok 150cc pake ban lebarnya 15 senti, kan kedodoran tuh

  8. alay itu orang yang cari perhatian tapi caranya ngapleki
    salam kenal ya😀

  9. sikap alay beserta atributnya memang sangat membahayakan, terutama untuk orang lain disekitarnya.
    ———————————————————————————————
    waw bonusnya mantap, genjotannya 2 silinder sudah over bore DOHC tuh kayanya hahahahaah….

  10. bonusnya termasuk alay nggak ???

  11. sedikit alay barangkali😀 hehehe

  12. wahh ….. ane suka sruntulan lho… abis enak menegangkan😀

  13. ban cacing lebih beresiko kecelakaan ya Om?
    btw, yang terakhir siapa tuh Om? *Ngilerrrrrrrrrr*

  14. alay suka maen layangan..😆

  15. alay=bukan fu ya… tapi alay itu ada di manusianya kang… seperti akang sebut di atas… sangat betul…

  16. Sebenernya ndak akan ada asap kalo ndak ada api. Harusnya untuk menghindari yang beginian pihak produsen ban cacing harus dibatasi, dan juga peran orang tua sebage internal educator terhadap anak harus dijalankan. Setau sayah, banyak anak muda melakukan modif ndak bener kayak gituh cuman sebatas ikut2an. Soal fungsi dan imbas juga ndak banyak yang tau. Asal tampil gaul sebagemana temennya, ya udah dijalanin ajah. Nah, disinilah peran orang tua harus dijalankan yakni sebage seorang tentor yang harus ngasih tau lebih soal ples mines modif gituan. Lha kalo orang tua nya cuman sibuk dengan ‘dunianya’ sendiri, gimana dengan anaknya? Giliran ada napa2 dijalan baru nyesek. Kalo menurut bapak’e gimana?

  17. Alay memang bikin gemas.

  18. seingatku, yang pertama pake ban cacing adalah kawak ninja milik pemain bulu tangkis (lupa namanya) padahal saat itu lagi heboh-hebohnya ban tapak lebar. saat bertanding ke thai pulangnya nenteng ban itu. diulas di tabloid MP edisi tahun pertama

  19. nggak kuat ngeliat alay yg dibawah..:mrgreen:

  20. Teruslah berkarya mas🙂

  21. setuju mas kalau penjual nya juga sadar bahwa ban tipis ga boleh dipakai harian kayaknya mantab tuh meski syusyah 😦

    nah kalau alay gambar paling bawah hmmmmm ga jamin dech ga bawa penyakit hiiii sereemm 👿

  22. baru tau kalau alay dalam bermotor seperti yang dicontohkan bapake…
    katakan tidak pada alay..😀

  23. Gambar terakhir bukan alay mas, tapi gulay… hehehe
    Salam kenal mas…

  24. Update oom😀

  25. Wah, alay terakhir jan mantab.

  26. blog gag update . Gara2 sibuk ngurusin es.pe.ge.

    Wkwkwk

  27. betul juga gannn… alay emang yang pake ban kecillll kaya gitu…heheh..

    numpang gann..

    http://megixion4ever.wordpress.com/2012/04/05/laris-manis-knalpot-tiger-revo/

  28. foto trakhir itu keberatan barang bawaan ya mas :mtgreen:

  29. foto trakhir itu keberatan barang bawaan ya mas:mrgreen:

  30. SMALL TIRES IS NOT A CRIME

    ooohhh pantesan ADMINYA PAKE TIREV… WOKOKOKOKOKOK… HARI GINI BAN PAKE BAN GEDE….WAKWAKWAK SEKARANG THN 2012 CUUYYYY THAILAND LOOK.TUH TIGI LOE ITUH KAMSEPAYLOOK SEKARANG ZAMANNYA DOHC.BUKAN SOHC WTF!!!!!!!!!!! APAPUN BAN NYA KECIL OR GEDE GIMANA KITA BISA JAGA EMOSI DALAM BERKENDARA!!!!!BLOG GA BERMUTU..!!!!

  31. biasanya pemakaian ban cacing sepaket dg knalpot brisik, suka blayer2, ngebut+ugal2an…
    Btw, alayer dah nongol tuh! Punya jazz, n250+fu150 d banggain, jangn2 pake jazz nya ugal2 d jalan, hehehe dasar alay tp ga mau ngaku!!

  32. asu emang nih ban cacing, selain di FU. sering gua jumpai di vario dan matic2 yang lain. emang ada beberapa di motor sport tp ngak banyak. seperti td pagi vario ban cacing ugal2 an. gua bejeg di track lurus aja ketinggalan jauh (pake ninja)… bgt pertigaan dengan ngak tau diri motor udah kalah, tetep aja ugal2 an.kwkwkwk

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN & KOMENTAR ANDA SEMUA...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: