Waspada Penjambretan Saat Riding

Assalamu’alaikum….

Apa kabar bro n sis semua?

Tulisan kali ini masih ada hubungan dengan artikel bapake sebelumnya tentang berkendara aman buat cewek. Yang akan bapake bahas adalah tentang bahaya penggunaan tas cangklong/tangan atau apalah nyebutnya. Soale bapake gak pernah pakai.:mrgreen:

Ada kejadian yg kurang menyenangkan menimpa salah satu rekan kerja bapake. Sebut saja namanya Ibu Dwi. Beliau adalah kabag gudang di tempat bapake bekerja.

Pada hari rabu tanggal 28 Maret kemarin, di tempat bapake kerja diadakan penghitungan stok alias stock opname yg dimulai pada jam 05.00 pagi. Karena Ibu Dwi yg dipasrahi kunci gerbang toko, maka beliau berangkat agak pagian. Sekitar jam 04.30, beliau berangkat diantar oleh suami tercinta. Sebagaimana lazimnya ibu2 kalau membonceng motor, beliau duduk menyamping sambil membawa tas di pundak, berjalan menyusuri jalanan yg masih sepi.

Tiba2 mereka dipepet 2 orang berboncengan motor yg langsung menarik tas yg dibawa Ibu Dwi. Mengingat tanggungjawabnya yg besar karena membawa kunci toko, beliau mempertahankan tasnya agar tidak dibawa kabur jambret sialan itu. Terjadilah tarik-menarik yg mengakibatkan beliau & suaminya kehilangan keseimbangan & akhirnya terjatuh dari motor. Sementara si jambret kabur tanpa berhasil membawa tas beliau.

Menurut pengakuan beliau, sebenarnya di dalam tasnya tidak ada barang yg berharga. Tapi karena  membawa kunci gerbang, jadi tas itu dipertahankan sampai beliau jatuh bangun cinta tanah air.:mrgreen:

ilustrasi yg ngambil dari google

Sebelum Ibu Dwi, ada karyawan lain yg juga mengalami penjambretan saat riding malam2 pulang kerja. Bahkan adik teman bapake juga ada yg mengalami kejadian serupa.

Memang dari segi keamanan, membawa tas cangklong yg ditarurh di pundak + duduk menyamping saat membonceng sebenarnya tidak disarankan. Bahkan bapake pernah lihat ada cewek yg menaruh tasnya di setang sebelah kiri.  Selain mengganggu keseimbangan, juga rawan terjadi penjambretan. Karena umumnya jambret mengincar tas yg dibawa kaum hawa yg riding sendiri ataupun yg membonceng dengan duduk menyamping. Ibaratnya kayak kucing lihat iwak peyek. Jika terjadi tarik-menarik, pasti korban akan jatuh karena kehilangan keseimbangan.

Tidak usah beralasan “ah.. isi tas saya gak ada barang berharganya kok”.. Namanya jambret itu tidak seperti superman yg punya mata super bisa liat tembus pandang. Kalau melihat tas yg gampang direbut, yaa… langsung disikat. Gak peduli isinya apa. Wong kasus Ibu Dwi di atas aja mungkin dikiranya si jambret, beliau itu mau kulakan ke pasar karena berangkat pagi2 bawa tas.

berbahaya jika membawa tas seperti ini...

Sedikit saran dari bapake…

  • Pakai tas model ransel atau selempang
  • Jika terpaksa membawa tas seperti model cangklong,  alangkah baiknya jika tas dijepit di antara rider & pembonceng. Mungkin bagi sebagian kaum adam, cara seperti itu sangat mengganggu dalam merasakan “sentuhan2″ halus dari belakang. Silakan dipilih aja, mau dapet yg empuk2 tapi tas dijambret atau mau aman tapi ngganjel??
  • Tutupi saja tas dengan jaket. Jadi tas dicangklong dulu, baru pakai jaket. Tapi cara ini berlaku buat yg jaketnya agak longgar. Kalau jaketnya yg model press body, tas dimodif jadi model selempang dengan cara diikat pakai rafia di kedua sisi, kemudian tinggal diselempangkan di pundak, baru pakai jaket. Memang tidak modis sama sekali, tapi yg penting tetep aman.
  • Jika berboncengan pakai motor matik, taruh saja tas di dek terus tutup dengan kedua kakai. Atau bisa juga ditaruh di cantolan barang di bawah jok bagian depan. Ada matik tertentu yg punya cantolan seperti itu.
  • Cara terakhir yg paling aman tapi mahal, beli saja motor yg ada embel2 fitur helm ini atau bagasi segede gaban. Tinggal masukan saja tas ke dalam bagasi. Aman deh…

tas model gini masih lebih aman...
*gambar ambil punya om taufik😀

Yah.. namanya kejahatan, bisa datang kapan saja & tidak pandang bulu. Selain membawa tas seperti itu, riding atau berhenti di bangjo sambil mainan hp juga berbahaya lho. Sebisa mungkin jangan memancing kejahatan saat berada di jalan raya. Demi kenyamanan & keselamatan, tidak ada salahnya jika kita berusaha meminimalisir hal2 buruk yg akan terjadi. 

Silakan dishare ke ibu, istri, pacar, kakak, adik, temen, atau selingkuhan juga boleh.. Kalau ada saran tambahan, monggo dishare di kolom komentar… Jangan di kolom yg lain lho.😀

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum…..

About bapakeVALKYLA

seorang pria biasa, karyawan di sebuah swalayan, ayah dari 2 orang putri yang pengen turing tapi terkendala waktu yg tidak bersahabat.

Posted on 11 April 2012, in Seputar Jalanan, Umum and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 50 Komentar.

  1. tas perempuan emang rawan jadi inceran jambret..karena rata2 cewk nyimpen barang2x jadi satu dlm tas.. Dr hp,dompet dsb…🙂 …
    vixy182.wordpress.com/2012/04/11/design-modifikasi-ninja-250-ala-cal-crutchlow/

  2. untung pacarku gak tau pake tas kalo tk gonceng,,,,,xixixi😀

  3. memang kalau bawa tas jangan dislempangin di samping gitu, mending di taruk antara pengemudi dan boncenger. Tapi kalau lagi apes sih susah emang. Tetap waspada

    http://karisnsz.wordpress.com/2012/04/12/mau-beli-motor-sport-pikir-pikir-dulu-deh/

  4. daerah ndi kui kejadianne kang ?? kok isih usum koyok ngono ?

  5. yup lebih aman pake ransel oom
    ngomong2 soal mbonceng menyamping
    temen ane (cewek) hobi banget tuh😀

  6. Sejak hamil bini ane kagak mau bawa tas…
    Paling dompet sama HP aja…
    Adi ane yg bawahin masuk kantong jaket…
    Cz jaket ane kan kantong ajaib…

  7. nice advice pak, bener skrg jambret gk pandang dulu yg penting ambil dulu ..perkara gk ada isi lgs dibuang..

    http://boerhunt.wordpress.com/2012/04/12/bikin-bensin-ron-90-langkah-tepat-kenapa-gak-kemaren-kemaren-juragan/

  8. kalo semua cara diatas masih diembat orang juga, pake cara pamungkas
    >
    >
    >
    tase dileleti tembelek, dijamin ra ono seng doyan:mrgreen:

  9. kejadian mirip yang dialami rekan kantorku kang,riding sendirian dan dijambret,tulang bahu retak dan terpaksa operasi
    nitip ya
    http://nanared.wordpress.com/2012/04/13/premium-memang-gak-jadi-naiktapi/

  10. sip.. selalu atur penggunaan tas biar g menarik minat penjahat..

  11. fitur helm-in mungkin bisa meminimalisir penjambretan… tasnya di taruh di bagasi…😀

  12. Wah mantebz tips e,, tapi kadang udah pake tas kaya yang direkomendasika ditulisan ini masih aja ada yang nyilet tas nya. Memang ada aja akal si maling😀

  13. makin tidak aman bawa barang berharga smbil riding.

  14. betul ituh,
    kalo jambretnya make king+golok ane nyerah deh.
    #kecuali ane bawa ninja

  15. penjahat seperti ini memang sekarang banyak ditemui didaerah-daerah ramai …🙂

  16. Jika terpaksa membawa tas seperti model cangklong, alangkah baiknya jika tas dijepit di antara rider & pembonceng. Mungkin bagi sebagian kaum adam, cara seperti itu sangat mengganggu dalam merasakan “sentuhan2″ halus dari belakang. Silakan dipilih aja, mau dapet yg empuk2 tapi tas dijambret atau mau aman tapi ngganjel??
    **) tak ngguyu dulu pak………………hahaha

  17. kemarin kejadian sama kakanya tmn ane, lagi numpang ojek asik maenan hp tiba2 tas ditarik dari kiri, seremmm

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN & KOMENTAR ANDA SEMUA...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: