Urus Sendiri Pajak 5 Tahunan & Ganti Plat Nomor Megapro

Assalamu’alaikum…

Bulan kemaren masa berlaku SIM bapake habis & udah diperpanjang ( artikel di sini ), nah bulan ini gantian STNK si Gagak alias Megapro item punya bapake habis masa berlakunya & harus diperpanjang. Ingat lho, masa berlakunya yang diperpanjang bukan kertas STNKnya. Ntar repot kalau ditaruh di dompet.:mrgreen:

Sebenarnya bapake ngurus ini hari Rabu kemaren, tp baru sempat ditulis sekarang. Ngurusnya di Samsat Kendal lho, bukan di mak erot.πŸ˜€

Syarat-syaratnya yang jelas harus ada BPKB, KTP dan STNK asli. Kalau BPKB masih jadi jaminan di bank alias “sekolah”, bisa pakai fotokopinya + surat keterangan dari pihak bank dengan disertai tanda tangan & stempel. Β Sedang jumlah fotokopinya bapake tidak tahu persis jumlahnya, soalnya bapake pasrahke aja ke tukang fotokopi di samsat.

Prosedurnya sebagai berikut :

  1. Setelah semua berkas sudah difotokopi, langsung menuju ke tempat “esek-esek” nomor rangka & mesin yg letaknya biasanya di parkiran. Biasanya petugas di situ pakai isolasi kertas buat gesek no rangka + mesin, terus ditempel di formulir keterangan. Biayanya Rp. 3000

    tempat gesek nomor rangka & mesin

    isolasi nomor rangka & mesin ditempel di formulir

     

  2. Kemudian ke loket 1 atau loket formulir. Di sini tidak dipungut biaya.
  3. Terus ke loket 2 atau loket cek fisik BPKB. Di sini biaya Rp 25.000
  4. Ke loket pendaftaran di ruangan dalam. Tumpuk map di Β meja, terus tunggu dipanggil. Biasanya dikasih kwitansi & no urut antrian untuk bayar pajak di kasir. Di sinilah yang nunggunya paling lama. Bapake dapat nomor 207, padahal pas dapat nomor yang dipanggil baru nomor 115.

    antrian banyak. di luar juga ada yang nunggu antrian.

  5. Setelah nunggu hampir 1 jam sambil nahan lapar karena belum sarapan, akhirnya sampai juga giliran bapake bayar di kasir. Bayar pajak & biaya administrasi Rp. 322.000, kwitansi yg kita dapat tadi distempel LUNAS & nunggu lagi STNK selesai dicetak.
  6. 15 menit nunggu, STNK jadi & diambil di loket PENYERAHAN STNK/TNKB beserta KTP asli.

    bagian penyerahan STNK/TNKB

  7. Ambil plat nomor di workshop plat nomor yg letaknya di samping mushola.

    workshop plat nomor

  8. Plat nomor jadi, tinggal dipasang aja.

Bapake datang ke samsat jam 07.40 pulang jam 09.20.

Rincian biaya :

  • Gesek nomer rangka & mesin Rp 3.000
  • Biaya loket cek fisik Rp. 25.000
  • Pajak kendaraan Rp. 207.000
  • Biaya SWDKLLJ Rp. 35.000
  • Biaya Adm. STNK Rp. 50.000
  • Biaya Adm. TNKB Rp. 30.000
  • Totalnya Β pas Β Rp. 350.000

Tambahan buat fotokopi, map + plastik STNK RP. 4.000 & parkir Rp. 1.000. Jadi total pengeluaran di Samsat hari itu Rp. 355.000πŸ˜€

 

Agak diluar perkiraan sih:mrgreen:

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum…

About bapakeVALKYLA

seorang pria biasa, karyawan di sebuah swalayan, ayah dari 2 orang putri yang pengen turing tapi terkendala waktu yg tidak bersahabat.

Posted on 9 Oktober 2012, in Umum and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 68 Komentar.

  1. mantabh tenan, megison nyusul

  2. 350ribu ? Lumayan juga…πŸ™„

  3. kurang itu, lha biaya photokopi, biaya stofmap, biaya parkir di lokasi, dan es teh? kwkwkwkwk
    esek-esek kok bayar? pungli kuwi.

  4. waduh punyaku lum diperpanjang bro..
    jadi inget

  5. ada tulisan dilarang foto2…πŸ™‚

  6. kalau lewat orang lain kan pasti membengkak, kalau urus sendiri bisa buat jajane anake.. :mrgreen: http://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2012/10/12/5-motor-terjelek-di-dunia-menurut-anda/

  7. akeh jg sripilane..
    andai samsat bs disebar di tiap kecamatan, g begitu terfokus di 1 tmpt.

  8. Enakan ngurus sendiri, ngirit dan ga bikin kaya orang dalam.πŸ™‚

  9. esek-esek nomer mesin pake solasi kertas ? neng jeporo nganggo kertas khusus yo, njalok neng samsat bentuke koyo stiker

  10. beli formulir dulu atau esek-2 dulu Pak baiknya ?

  11. semua ada biayanya, dan itu jelas, bikin kantong jadi tambah bolong kang he

  12. om, mau tanya…
    kira2 berapa duit buat narik vxion 2011 (sasi 4), dari Batang ke Kendal.?
    maklum, jaga2 krn dompete ngepress.πŸ˜€
    maturnuwun.

    • wah, kalau untuk cabut berkas kemungkinan tiap daerah beda2 mas. Dulu th 2008 saya mutasi dari semarang barat ke timur kena 175rb. tp itu lewat calo (soalnya saya masih lugu:mrgreen: )
      kalau sekarang mungkin kurang lebihnya 200an.
      lebih jelasnya coba tanya ke samsat daerah batang dulu mas…πŸ˜€

  13. manstabs masbro info nya komplit bgt…

  14. Murah ya..aky mlh 430rb….

  15. makasih bapak ke kunjungi juga ini kalumpank.blogspot.com

  16. Selamat pagi. Pak mau nanya: kalo ganti plat/pajak 5 tahunan, itu apa ganti BPKB juga? Atau cuma fotokopian BPKB?
    Kan di BPKB kalo ga salah ada nopolnya jg. Sekian, salam.πŸ™‚

    • pengalaman saya kemarin nopol masih sama, jadi gak perlu ganti BPKB. tapi BPKB tetap dibawa sebagai syarat pengurusan pajak/ganti platnom..

      kecuali masbro mau ganti pemilik, pindah alamat, itu baru ganti BPKB..

  17. pak kalau mau minta formulir 5 tahunan ke loket mana??..

  18. matur suwun sangat infone yo mamaseπŸ˜€

  19. sip infonya mas

  20. gan ane au nanya
    kalau mutasi dari semarang ke kendal
    atas nama sendiri cuman pindah alamat
    sekal!an gant! plat no k!ra2 nympa! brp yaw b!ayanya
    maksh gan buat jwbpnya

  21. gimana kalo ktp sama di bpkb atas namaa berbeda … apa bisa ? mohon infonya ! trims

    • nama di KTP, STNK & BPKB harusnya sama mas.
      kalau beda berarti harus balik nama dulu.
      kalau pas mau ganti plat mending langsung balik nama sekalian.
      tapi kalau cuma pajak tahunan mungkin bisa “nembak” KTP dulu sambil nunggu masa berlaku STNK habis.

  22. Saya mau perpanjang 5 tahunan stnk motor vixion.. Sedang kan atas nama pemilik lain … Apa bisa tanpa ktp si pemilik asli.. …

    • maaf baru bales mas..
      tanpa ktp pemilik asli bisa, tapi istilahnya harus “nembak” KTP & biayanya bisa berbeda-beda.
      kalau memang motornya mau dipakai sendiri & gak ada rencana dijual lagi, mending balik nama sekalian. Tanpa KTP pemilik asli malah bisa kalau balik nama.

  23. saya pindah tempat ke rumah mertua,otomatis ktp saya juga ganti,terus apa yang harus saya lakukan agar ktp dan bpkb saya alamatnya sama,soalnya ktp saya ganti

  24. Saya mau mutasi motor honda blade 2013 dari kuningan ke cirebon berapa biayanya

  25. Klau perpanjang 5 tahunan bpkb msih di bank gimana gan?

  26. Pelat e bisa langsung jadi gk nungu sampek 1 mggu

  27. Jadi saat mau pajak skalian ganti plat nmr 5 thun skli wajib bawa bpkb.ktp asli atas nma kndraan.dn stnk asli ya mas????

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN & KOMENTAR ANDA SEMUA...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: