Spakbor Byson di Megapro Primus

Assalamu ‘alaikum…

 

Sebenarnya artikel ini termasuk telat karena udah dipasang sebelum lebaran kemaren๐Ÿ˜€

Byson termasuk motor sport dari pabrikan Yamaha yang partsnya banyak dipakai di motor lain. Mulai dari stang, headlamp (jadi inget Megison yg legendaris), hugger, dan juga spakbor. Tidak cuma dipasang untunk motor-motor garputala, tapi juga di motor pabrikan lain.

Di megapro bapake sudah lama pasang stang byson. Part lain yang bikin kepincut adalah spakbor belakangnya. ย Sebenarnya sudah lama pengen pasang di si gagak, tapi baru kesampaian sebelum lebaran. Alasan bapake pilih spakbor Byson karena :

  1. Modelnya yang keren,ย mirip – mirip spakbor moge yang penuh lekukan. Dibanding spakbor motor lain yg bentuknya biasa alias cuma memanjang ke bawah.
  2. Jarang yang pakai di megapro, jika dibandingkan dengan spakbor tiger revo, masih jarang megapro yang pasang spakbor byson. Bahkan waktu googling bapake tidak ketemu artikel yang bahas spakbor byson di megapro.
  3. Harganya murah.ย Cukup tebus dengan uang sejumlah Rp. 56 ribu ( fender 43rb & cover atas 13rb) spakbor ini sudah bisa dibawa pulang.

Oke, tidak perlu berlama-lama, berikut langkah – langkah pemasangannya.

Bahan – bahan yg dibutuhkan :

  • Spakbor byson
  • Stoplamp byson ( terima kasih untuk Mr. Long’s atas stoplampnya )
  • Plat strip 2 buah
  • baut dan sekrup bodi secukupnya
  • Cat semprot untuk finishing ( optional )

Alat -alatnya :

  • Gerinda / gergaji besi.ย berhubung bapake tidak punya, jadi cukup pakai gergaji besi.
  • Bor listrik. ini juga tidak punya. jadi diakalin pakai paku + sekrup yg dipanasi:mrgreen:

Mari kita mulai pengerjaannya.

– Pertama bongkar body dulu dengan urutan lepas cover aki & filter, kemudian dilanjut dengan melepas jok, behel & terakhir melapas bodi belakang yg jadi satu dengan stoplamp.

– Lepas spakbor bagian belakang. Megapro primus ini spakbornya terbagi jadi 2. jadi cukup lepas yang di belakang. Jangan lupa lepas dulu soket lampu sein.

– Bandingkan dimensi spakbor ori megapro dengan milik byson. sangat beda jauh. untuk itu spakbor byson dipotong menyesuaikan dimensi spakbor ori. Rapikan hasil potongan dengan amplas/kikir. Berhubung beda merk, otomatis dimensinya jelas berbeda. Perlu akal-akalan dan kreatifitas dalam modifikasi.

Foto218

beda dimensi spakbor standar dengan byson

Foto266

spakbor byson setelah dipotong

– Setelah terpotong ukur di rangka agar ketemu posisi yang pas.. Setelah ketemu, ikat dulu dengan cable ties biar gak berubah posisi.( gak ada fotonya )

– Ukur plat strip kemudian potong jadi 4 bagian. bapake tidak tahu berapa ukurannya, cukup pakai ilmu kira2. kemudian dicat. 2 plat dijadikan 1untuk pegangan atas dan ikut lubang baut bodi belakang, kemudian samping kanan & kiri masing-masing 1 plat ikut di lubang baut spakbo ori..

Foto331

Foto330

plat pegangan atas

Foto325

Foto327

pegangan samping kiri

Foto328

pegangan samping kanan

– Pasang dan coba lihat dari belakang. Sepertinya antara rangka & swingarm megapro bapake ternyata agak miring, jadi posisi spakbor tidak bisa lurus dengan ban.

– Setelah yakin posisinya, kencangkan semua baut.

– Pasang lagi bodi belakang & behel.

– Sambung kabel stoplamp byson. Coba otak -atik sambungan kabel, akhirnya ketemu bahwa untuk kabel stoplamp warna biru, lampu kota warna kuning, massa warna hitam.

Sepertinya ada yang terbalik karena waktu googling, kabel stoplamp itu warna kuning & kabel lampu kota warna biru. Tapi tidak masalah yg penting nyala.๐Ÿ˜€

– Pasang jok & cover samping.

– Selesai

Inilah hasil akhirnya

Foto318

cakep kan??:mrgreen:

Foto326

Setelah dilihat – lihat ternyata gagah juga..

Bagamana menurut pembaca?? Silakan kritik dan sarannya..

Wassalamu’alaikum…

About bapakeVALKYLA

seorang pria biasa, karyawan di sebuah swalayan, ayah dari 2 orang putri yang pengen turing tapi terkendala waktu yg tidak bersahabat.

Posted on 30 Agustus 2014, in Roda 2, Umum and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 93 Komentar.

  1. hueueuehehehe, josss lek, jo lali, yen velg std ban std ojo pasang spakbor iku :v

  2. widih jadi makin sangar kang megynya

  3. dbuat 2 lampu mas br mkn sip

  4. Now I am ready to do my breakfast, once having my breakfast coming yet again to read additional news.

  5. Kok kayaknya ringkih om, disundul dari belakang bisa copot

  6. Appreciate the recommendation. Will try it out.

  7. om….oom… konsumsi bbm si primus berapaan kmplkah??

  8. om om boleh minta lebih detail g bagian sebelah mana yg di potong? klo bisa fotonya sih kirimin ke aseppoyoul@gmail.com
    tengkyu om

  9. Pingin diterapkan di tiger revo cocok kayaknya

  10. ajib..aura moge๐Ÿ˜€

  11. Kolaborasi yamaha honda.

  12. mantaff dehhh..๐Ÿ™‚

  13. Kira kira batok kepala motor apa yang bisa dipasang dimotor megapro primus dan harga yang murah ?? Tolong infonya yaa gan

    • selama ini yg udah pernah saya lihat ada yg pakai satria FU & byson..
      kalau orisinil memang mahal, tapi yg produk variasi udah ada kok.
      kalau saya sih lebih seneng model bulat, terus ditambah visor aja..๐Ÿ˜€

  14. Mainstream bgt gan mau di apain coba megapro tetep aja jelek, hhe soalnya ane ni juga punya Megy, hampir 6tahunan bosen gan…. tapi soal rasa masih luar biasa wkwkwkwkwk….

  15. hahaha aku pernah lihat orang ngedaraiin motor yg dibodynya tulisannya ducati ehhh pas dilihat itu yamaha hahaha

  16. Kreatif gan………

  17. cakep and pantes tibakne yo om๐Ÿ˜€ tambah seksi bokong e๐Ÿ˜€

  18. cocok banget infonya buat motorku

  19. au tanya Om.. klo pake pelk 3,5″ lebar ban 130 ga mentok rante kan??

  20. mantap mas infonya ini, jadi bisa lebih mengetahui tentang dunia ini๐Ÿ™‚ , info yang sangat menarik, sepertinya harus dicoba๐Ÿ™‚

  21. mantap Om… swerrr

  22. pas bgt, tmpil beda..

  23. apik gan… cobo bagian sing dipotong difoto sing jelas gan….

  24. motornya bapake gagah juga

  25. jadi cakep tuh, tapi ada masalah setelah di pasang gak om? misalkan oblag gt atau saat ada air hujan masuk ke dalem? mengingat dalem banyak kabel kelistrikan

    njemur

    ada yang bawa bawa nama pertamina nih buat nipu

    https://jildhuz.wordpress.com/2016/02/27/pertamina-pulsa-teknik-nipu-ala-dni/

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN & KOMENTAR ANDA SEMUA...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: